Pelatihan dan Pengembangan SDM

Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dianggap sebagai kunci dalam mempertahankan tenaga kerja di perusahaan serta diharapkan akan dapat meningkatkan motivasi dan kinerja SDM. Dimana setelah mengikuti pelatihan perusahaan mengharapkan kinerja yang optimal dari SDM yang diberi pelatihan dan dapat berkontribusi ditempat kerjanya setelah mengikuti pelatihan tersebut, sehingga hal ini menjadikan pelatihan dan pengembangan SDM menjadi salah satu fokus pengembangan SDM dalam pengelolaan human capital didalam organisasi.

Dikarenakan pelatihan dan pengembangan SDM ini sangat spesifik berdasarkan kebutuhan dari posisi didalam perusahaan maupun kebutuhan dari individu atau SDM yang bersangkutan berbeda maka untuk itu tidak ada satu ukuran pelatihan dan pengembagan SDM yang cocok untuk semua posisi atau individu atau SDM yang ada, sehingga perusahaan dituntut untuk dapat membuat program dan teknik belajar yang spesifik untuk setiap level posisi maupun fungsi yang berbeda.
Perbedaan ini diharapkan dapat meningkat teknik pelatihan dan pengembangan SDM di perusahaan karena setiap individu atau SDM yang bekerja adalah manusia yang belajar dengan cara yang berbeda dan pada kecepatan yang berbeda dan dengan kemampuan yang berbeda. Jika diterapkan pelatihan dan pengembangan SDM sama untuk semua tingkat dan fungsi maka hal ini mengasumsikan tingkat pengetahuan dan kemampuan sama untuk setiap individu atau SDM, hal ini dapat membuat pelatihan agak lambat.
Apalagi pelatihan yang dirancang untuk mengubah perilaku individu atau SDM, seperti meningkatkan kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan manajemen atau kepemimpinan, di mana satu-satunya cara untuk mengubah orang adalah dengan menemukan motivasi masing-masing, berbicara dengan kebutuhan itu maka dibutuhkan latihan yang berulang dan membutuhkan pelatihan yang memungkinkan individu atau SDM tersebut untuk berlatih dan mendapatkan umpan balik pada kinerja mereka. ”
Memang tidak bisa dipungkiri bahwa untuk melaksanakan pelatihan dan pengembangan SDM memerlukan biaya yang tidak sedikit dan memakan waktu, sehingga terkadang perusahaan membuat pendekatan bahwa satu pelatihan cocok untuk semua karena dengan pendekatan ini dipercaya dapat berjalan dan dapat menghemat biaya.
Tren pelatihan dan pengembangan SDM kedepan yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan antara lain :

  • Peningkatan penggunaan eLearning
  • Pembinaan berkelanjutan dan mentoring
  • Peningkatan belajar mandiri
  • Peningkatan fleksibelitas pengaturan kerja

Pada akhirnya kebutuhan pelatihan dan pengembangan SDM merupakan sesuatu yang harus dijalankan oleh perusahaan dimana hal ini adalah salah satu cara untuk untuk mempertahankan karyawan, memotivasi, mengajak untuk belajar, berkembang, produktif, menuju ke arah yang sama dengan dengan perusahaan dan semua ini dapat membangun dan memperkuat budaya organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *