Engagement Employee ?

Saat ini ramai sekali diperbincangkan mengenai  Employee Engagement atau Keterikatan Karyawan, sebenarnya apa yang dimaksud dengan Keterikatan Karyawan tersebut?.

Keterikatan karyawan adalah suatu pendekatan kerja yang dirancang untuk memastikan bahwa karyawan berkomitmen sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai organisasi, dimana karyawan akan termotivasi untuk memberikan kontribusi bagi keberhasilan organisasi, dan mampu pada saat yang sama untuk meningkatkan rasa kesejahteraan karyawan itu sendiri.

“This is about we create conditions in which employees offer more of their capability and potential “ – “David Macleod”

David Macleod mengartikan keterikatan karyawan sebagai suatu keadaan yang diciptakan oleh perusahaan, sehingga karyawan dengan sukarela memberikan kemampuan dan potensi terbaik mereka sehingga terciptanya kinerja yang tinggi.

Ada perbedaan antara sikap, perilaku dan hasil dalam hal keterikatan karyawan. Seorang karyawan merasa bangga dan loyal (sikap); menjadi wakil perusahaan atau bekerja ekstra untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan (perilaku); hasil yang diberikan dapat berupa tingkat kecelakaan yang rendah di perusahaan, produktivitas yang lebih tinggi, konflik yang lebih sedikit, lebih banyak inovasi, berkurang karyawan yang resign  dan tingkat karyawan yang sakit berkurang.

Saya percaya bahwa  – sikap, perilaku dan hasil – merupakan bagian dari keterikatan karyawan. Ini merupakan suatu hal yang saling berhubungan  dimana sikap, perilaku dan hasil terpenuhi maka akan memicu kerterikatan karyawan.

Organisasi yang memiliki nilai yang kuat terhadap keterikatan karyawan, akan memiliki kepercayaan dan keadilan berdasarkan saling menghormati, di mana janji dan komitmen – antara perusahaan dan karyawan dapat saling dipahami dan dipenuhi.

“Empat tema yang memungkinkan terjadinya keterikatan” :

Meskipun tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua pendekatan yang ada dan tidak ada model yang baku untuk keterikatan karyawan yang sukses, tetapi ada empat tema yang sering muncul dari penelitian yang dilakukan secara ekstensif yang juga sering dikenal sebagai laporan MacLeod yang mengambarkan kesuksesan. Banyak elemen kunci yang dapat membuat keterikatan karyawan menjadi sukses.

Keempat tema yang memungkinkan terjadinya keterikatan menjadi berguna, dimana hal ini akan membantu organisasi untuk menilai efektivitas pendekatan nya.

  1. Memberdayakan kepemimpinan memberikan strategi yang kuat tentang organisasi, dari mana dan tujuannya harus jelas.
  2. Manajer yang baik adalah manajer yang fokus pada orang-orang disekitar mereka  dan memberi ruang, serta memperlakukan orang-orang tersebut sebagai individu dan memberikan coaching kepadanya.
  3. Ada suara karyawan di dalam organisasi, untuk itu harus diberdayakan dan diberikan pandangan tentang fungsi yang ada kemudian karyawan harus dipandang sebagai pusat solusi.
  4. Ada integritas organisasi – nilai-nilai yang ada tercermin dalam perilaku sehari-hari, tidak ada kata tidak tetapi yang ada laksanakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *